Rahasia UMKM Muda Berkonsep

 








Menegaskan konsistensi dalam mendukung pembekalan kewirausahaan kepada generasi muda Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) kembali mengimplementasikan Program Student Company (Perusahaan Siswa) yang melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Tanah Air. Berlangsung selama Januari-September 2020, program sukses melahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta. Sebagai penutup, Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020 digelar secara daring hari ini untuk memilih tim terbaik yang akan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis level Asia Pasifik tahun depan. Lebih dari itu, perusahaan siswa yang telah terbentuk diharapkan dapat terus tumbuh menjadi UMKM yang solid dan berkelanjutan.


Saat ini, Indonesia dianggap memiliki iklim kewirausahaan yang semakin positif. Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019, riset yang mengukur kualitas dan dinamika ekosistem kewirausahaan suatu negara, memasukkan Indonesia ke daftar 10 negara dengan skor peningkatan tertinggi. Peringkat Indonesia melejit dari 94 (GEI 2018) menjadi 75 dari 137 negara - bahkan di atas India dan Filipina. Selaras temuan tersebut, World Economic Forum juga menempatkan Indonesia di posisi teratas sebagai negara di ASEAN dengan rasio tertinggi anak muda yang memiliki aspirasi menjadi pengusaha.


“Lingkungan kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Optimisme itu yang kami usung dalam melaksanakan Program Student Company tahun ini. PJI bahkan melihat bahwa program yang telah kami gagas lebih dari satu dekade lalu menjadi semakin relevan dengan kondisi sekarang. Dengan peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui pemberdayaan pelajar, kami meyakini UMKM di Tanah Air akan tumbuh dan diperhitungkan,” ujar Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia, Siddharta Moersjid.


Program Student Company dari PJI memberikan kesempatan kepada pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis. Para pelajar diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah di komunitas dan lingkungan melalui usaha yang mereka dirikan dan kelola secara mandiri. Selama periode program, relawan dari mitra PJI juga terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi.  


Tahun ini, Program Student Company sukses memberikan manfaat kepada pelajar di 44 SMA/SMK di 11 wilayah, meliputi Batam, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Denpasar. Dari 44 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI menyeleksinya menjadi 9 finalis yang berkompetisi dalam ISCC 2020; yaitu  Cosera SC (SMK Kartini Batam), Sevone SC (SMAN 71 Jakarta), Nature Piece SC (SMKN 20 Jakarta), Brico SC (SMA Muhammadiyah Cileungsi), Elecra SC (SMAN 11 Bandung), D'Eagle SC (SMA Karangturi Semarang), Rasendriya SC (SMAN 16 Surabaya), Saglova SC (SMAN 1 Tuban) dan Forca SC (SMAN 2 Denpasar).

 

Selengkapnya terlampir dalam siaran pers (doc dan pdf) beserta beberapa foto pendukung dengan keterangan sebagai berikut:

 

Foto 1: 




Program Sinergi - (Atas, ki-ka) Dr. Juandanilsyah, S.E., M.A., Koordinator Bidang Peserta Didik-Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Siddharta Moersjid; Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia; dan Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, serta (bawah, ki-ka) Ichwan Arifin, External Affairs Manager Public & Government Affairs ExxonMobil Cepu Limited; dan Rob Logie, President Director & CEO AIG Insurance Indonesia dalam sesi media Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020 di Jakarta, hari ini (10/10). Prestasi Junior Indonesia bersama dengan para mitra sponsor kembali mengimplementasikan Program Student Company dan ISCC 2020 yang melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Tanah Air.

 

Foto 2a:




Perusahaan Siswa  –  Finalis Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020 dari SMAN 2 Denpasar dengan produk karya mereka, Kastic Pillow, yaitu bantal leher yang bisa diubah menjadi tas punggung. ISCC 2020 merupakan kompetisi penutup dari rangkaian Program Student Company  yang digagas PJI bersama mitra perusahaan, untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan kepada 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Indonesia. 
Program Student Company 2020 sukses lahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta selama tiga hingga tujuh bulan beroperasi.

 

Foto 2b:



Perusahaan siswa  –  Peserta ISCC 2020 (SMKN 20 Jakarta) bersama dengan produk unggulan yang mereka buat, Magic Enzyme, yaitu pembersih sepatu berbahan ramah lingkungan. ISCC 2020 merupakan kompetisi penutup dari rangkaian Program Student Company  yang digagas PJI bersama mitra perusahaan, untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan kepada 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Indonesia. 
Program Student Company 2020 sukses lahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta selama tiga hingga tujuh bulan beroperasi. 


Comments

Popular posts from this blog

HokBen di Kota Batam

Kampung Nelayan Buffet Ramadhan

Mahkamah Agung Republik Indonesia